MAKANAN UNTUK BAYI BERUSIA 6-8 BULAN

Apa yang harus Anda lakukan setelah bayi mengenal makanan padat? Anda harus memperkenalkan lebih banyak makanan padat! Memperluas ‘palet’ makanannya adalah ide yang baik untuk membantu perkembangan selera makannya. Memperkenalkan Makanan Bayi memang sedikit banyak membutuhkan kepercayaan diri Anda. Jangan ragu untuk memperkenalkan makanan yang memiliki rasa yang kuat, seperti yoghurt misalnya. Anda akan heran melihat ternyata si kecil menyukainya!

introducing-solids-to-baby

Mulailah memperkenalkan makanan yang memiliki rasa yang khas, seperti bayam. Namun campurkan bayam dengan makanan yang sudah ia kenal sebelumnya. Masukkan sedikit-sedikit bayam ke dalam makanan, lalu tingkatkan porsinya, sampai bayi terbiasa dengan rasa bayam.

Cara termudah untuk memperkenalkan makanan padat adalah dengan bersikap santai dan percaya diri. Jika wajah Anda tegang dan memperlihatkan ‘ancaman’ atau kewaspadaan tinggi, bayi Anda pun akan bersikap demikian. Demikian dijelaskan Anne Charlish dan Kim Davies, pengarang buku The Illustrated Book of Natural Pregnancy and Childcare.

Tapi hati-hati, ada beberapa makanan yang tidak boleh diperkenalkan dengan segera karena pencernaan bayi belum siap menerimanya, dan karena kemungkinan dapat menyebabkan reaksi alergi jika diberikan sebelum waktunya. Lihat panduan berikut ini untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memperkenalkan makanan-makanan tertentu.

Setelah 6 bulan, Anda dapat memperkenalkan:

Produk-produk dari susu sapi, seperti yoghurt, mentega, keju. Tapi jangan memberikan keju yang tidak dipasteurisasi pada bayi.

Setelah 8 bulan, Anda dapat memperkenalkan:

Makanan yang mengandung gluten, seperti gandum, jelai, oat

Kuning telur, asal dimasak dengan matang

Kacang-kacangan dan biji-bijian yang sudah dihaluskan (kecuali kacang dan biji wijen).

Ikan (Tapi hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi yang dapat mengganggu perkembangan sistem syaraf anak, seperti hiu, ikan marlin, ikan todak)

Buah jeruk dan jus

Setelah 12 bulan, Anda dapat memperkenalkan:

Madu (Hindari memberikan madu sebelum anak berusia setahun karena madu mengandung bakteri yang dapat menyebabkan penyakit botulisme pada bayi)

Kacang yang digerus dan biji wijen (Hindari memberikan kacang dan biji wijen sebelum ia berusia 3 tahun jika ada sejarah alergi terhadap kacang dalam keluarga)

Kacang tidak boleh diberikan kepada bayi dalam keadaan utuh untuk menghindari tersedak.

Penting juga dalam memperkenalkan makanan baru, agar Anda selalu mendampingi bayi Anda, demi berjaga-jaga bila ia tersedak karena makanan yang baru dikenalnya.

About Tororo

Tororo.com adalah salah satu situs online e-commerce perlengkapan bayi terbesar di Indonesia. Kami menawarkan produk-produk pokok kebutuhan bayi seperti susu bubuk, popok, dan berbagai kategori lainnya seperti alat makan dan botol, keperluan mandi dan kulit, pakaian dan sepatu, alat perkakas dan kereta bayi, serta keperluan buat ibu. Misi kami di Tororo tidak hanya penjualan; kami ingin meningkatkan kualitas dan standar hidup untuk keluarga di seluruh Indonesia dengan memberikan mereka akses ke berbagai macam produk dengan harga yang sama seperti membeli produk tersebut di kota-kota seperti Jakarta atau Surabaya. Kami percaya bahwa toko online seperti kami akan membuat perubahan besar dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Kami memberikan anda kemudahan untuk membeli segala produk yang berkaitan dengan kebutuhan si kecil hanya dengan mengakses ke situs Tororo. Dapatkan kebutuhan si kecil dengan harga termurah dengan penawaran dan berbagai diskon yang pastinya menarik untuk anda. Informasi mengenai segala produk yang anda inginkan juga bisa anda dapatkan dengan mudah di situs Tororo untuk kenyamanan anda berbelanja. Produk pesanan akan kami antar ke rumah anda dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Dengan pembayaran melalui transfer antarbank, bayar di tempat (Debit dan Credit on Delivery), klikpay BCA, dan kartu kredit, kami menawarkan metode pembayaran yang mudah dan aman demi kenyamanan anda berbelanja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: