Membantu Anak Belajar di Tahun Pertamanya

baby learning blocks

Memberi mainan bayi pada buah hati Anda ternyata tidak cukup. Mengetahui dan memahami karakter anak di tahun pertama adalah kunci utama orangtua dalam melakukan proses pembelajaran. Jika hal ini sulit Anda lakukan, berikut tips dalam memahami karakter si buah hati di tahun pertamanya.

Saat anak berusia satu bulan. Pada saat ini, komunikasi dengan kontak mata sangat diperlukan. Lakukan komunikasi dalam jarak dekat, antara 8 sampai 15 inci. Perhatikan mata bayi, jika matanya mengembang, bisa jadi ia menikmati setiap menit berada di dekat Anda. Cara ini adalah pondasi awal bayi belajar berkomunikasi.

Dua Bulan saatnya sentuhan dan nyanyian.Menyanyikan lagu menyenangkan dan melakukan kontak fisik yang dilakukan dengan menyentuh tangan dan kaki. Cara ini akan membantu bayi belajar meniru dan merespon setiap gerakan yang dilakukan oleh orang disekitarnya (Meski terlalu dini untuk belajar bahasa secara komplek).

Tiga Bulan, bayi mulai terbiasa dengan gerakkan. Saat usia ini, bayi umumnya akan terbiasa dengan kegiatan melihat dan kordinasi fisik tangan dan kaki. Biasanya mereka akan sering memegang sesuatu yang dapat diraihnya. Mengangkat kepala juga adalah proses yang sering dilakukan, dan hal ini biasanya pertanda baik bagi bayi yang ingin bereksplorasi dengan sesuatu. Bagi orangtua, tawarkan kaca untuk meningkatkan rasa penasaran bayi yang kemudian akan membuat mereka lebih bersemangat dalam belajar memaknai lingkungan sekitar.

Empat Bulan, saatnya bayi belajar sosial, motorik, dan keterampilan bahasa. Lakukan kegiatan yang berhubungan dengan emosi bayi. Seperti menggelitikinya untuk membuatnya tertawa, dan menggodanya dengan mengharapkan mengetahui situasi yang membuatnya tidak nyaman untuk melihat reaksinya. Lakukan segalanya dengan bantuan mainan dan kegiatan fisik, hal ini akan membuat proses belajar lebih menyenangkan.

Kordinasi mata dan telinga akan terbentuk pada saat usia lima bulan.Mengoceh adalah kebiasaan yang sering dilakukan saat bayi berusia lima bulan. Dalam hal ini, ulangi beberapa kata, seperti mama dan papa, cara ini akan membuat bayi akan belajar mengucap dan melafalkan kata yang Anda ajarkan dengan bibir mereka.

Enam bulan, saatnya bayi belajar duduk dan bergerak. Untuk mengoptimalkan proses belajar anak, Anda bisa melakukan beberapa hal. Seperti menaruh mainan di perut bayi, untuk memnbuat bayi mulai belajar bangkit untuk duduk. Atau mainan dorong, untuk memicu anak mau belajar bergerak.

Belajar motorik halus saat anak berusia tujuh Bulan. Hal ini biasanya ditandai dengan mengoptimalkan kebiasaan memegang dan menjepit benda di sekitar. Beri mainan yang aman untuk mengoptimalkan hal ini. dan karena kebiasaan bayi memasukkan segala sesuatu kemulut, beri sesuatu yang aman, dan tak mengganggu kesehatan anak saat anak mulai dimasukkan mainan ke mulut.

Mengenal kata saat anak berusia Delapan Bulan. Proses belajar anak di usia Delapan bulan biasanya telah mencapai kemampuan linguistik. Padukan mainan dan perkenalan kata untuk mengoptimalkan anak belajar kata-kata pertama mereka. Atau bermain tebakan dengan cara bertanya “Mana hidungnya” dan sebagainya.

Sembilan Bulan, saatnya belajar berjalan. Permainan bola dan rumah-rumahan adalah hal yang menyenangkan. Merangsang mereka untuk berdiri, atau sebagai media untuk berpegangan adalah keunggulan dari beberapa jenis mainan tersebut. Fasilitasi mainan yang aman untuk proses pendidikan yang berkesinambungan.

Usia 10 bulan saatnya bereksplorasi. Pada saat usia ini anak cenderung suka dengan segala sesuatu yang berbunyi dan mencari sesuatu. Buat permainan yang menyenangkan, caranya, sembunyikan sesuatu di bawah bantal atau pasir, agar anak bereksplorasi dengan kemampuannya mendengar untuk mendapatkan barang yang dicari.

Saat berusia sebelas bulan, kemampuan linguistik anak akan semakin berkembang. Umumnya bagi sebagian besar orangtua, lagu dan film anak di DVD adalah teknik pembelajaran yang tepat. Dan solusi bijaknya adalah, hal tersebut pada dasarnya tidak diperlukan. Sebagai gantinya, Anda bisa berbincang dan bernyanyi bersama dengan anak untuk membekali mereka dengan segudang kosakata baru. Selanjutnya, anak akan belajar lebih banyak lagi saat mereka berusia lebih dari 12 bulan.

About Tororo

Tororo.com adalah salah satu situs online e-commerce perlengkapan bayi terbesar di Indonesia. Kami menawarkan produk-produk pokok kebutuhan bayi seperti susu bubuk, popok, dan berbagai kategori lainnya seperti alat makan dan botol, keperluan mandi dan kulit, pakaian dan sepatu, alat perkakas dan kereta bayi, serta keperluan buat ibu. Misi kami di Tororo tidak hanya penjualan; kami ingin meningkatkan kualitas dan standar hidup untuk keluarga di seluruh Indonesia dengan memberikan mereka akses ke berbagai macam produk dengan harga yang sama seperti membeli produk tersebut di kota-kota seperti Jakarta atau Surabaya. Kami percaya bahwa toko online seperti kami akan membuat perubahan besar dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Kami memberikan anda kemudahan untuk membeli segala produk yang berkaitan dengan kebutuhan si kecil hanya dengan mengakses ke situs Tororo. Dapatkan kebutuhan si kecil dengan harga termurah dengan penawaran dan berbagai diskon yang pastinya menarik untuk anda. Informasi mengenai segala produk yang anda inginkan juga bisa anda dapatkan dengan mudah di situs Tororo untuk kenyamanan anda berbelanja. Produk pesanan akan kami antar ke rumah anda dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Dengan pembayaran melalui transfer antarbank, bayar di tempat (Debit dan Credit on Delivery), klikpay BCA, dan kartu kredit, kami menawarkan metode pembayaran yang mudah dan aman demi kenyamanan anda berbelanja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: