7 Tips Sukses Menyapih Anak

Menyapih

ASI esklusif, pada dasarnya hal paling disarankan dalam memenuhi nutrisi dalam bentuk susu bayi di tahun-tahun pertama. Sayangnya, kebiasaan anak menyusu kadang susah dihilangkan sampai mereka berusia beberapa tahun. Padahal, tanpa kemandirian anak, kegiatan ini akan menjadi permasalahan, terutama saat ibu mulai beraktivitas.

Dalam sebuah survei di Amerika, rata-rata wanita menyusui anak mereka antara 4 sampai 7 bulan. Meski dalam anjuran American Academy of Pediatrics ( AAP ), hal ini lebih baik dilakukan lebih lama sedikit, yakni sekitar satu tahun.

Sayangnya, karena alasan tertentu dan kemandirian anak, kegiatan menyusu harus yang terlanjur membuat anak merasa nyaman harus segera dihentikan. Yang kemudian proses minum dapat dilakukan dengan botol atau gelas. Proses ini biasa dikenal dengan “sapih”, dan saat mulai berhenti bukan hal yang mudah bagi ibu untuk melarang anak mereka mengkonsumsi ASI.

Nah jika, Anda salah satu ibu yang merasa kesusahan dalam menyapih, dan terkadang stress karena hal ini, berikut tips yang sangat berguna bagi Anda.

  1. Lakukan secara bertahap. Umumnya anak akan menolak minum dengan cara lain (Bukan dari payudara ibu seperti kebiasaan mereka sebelumnya). Dalam hal ini jangan paksa anak untuk langsung berubah. Caranya beri ASI ke anak secara bertahap, dengan mengurangi kuantitas Anda menyusui dengan payudara. Sebagai gantinya, ajarkan anak minum dengan cara lain, seperti dengan botol, atau langsung dengan menggunakan gelas. Bahan yang ringan dan tak mudah pecah adalah solusi dalam hal ini, sehingga risiko cidera anak dapat ditekan semaksimal mungkin.
  2. Jangan hanya ibu yang mendominasi pemberi susu anak. Dalam hal ini, biasakan anak mendapat susu botol mereka dari ayah atau anggota keluarga yang lain. Selain akan meningkatkan kemandirian, cara ini akan membuat anak tidak merasa ketergantungan dengan ibu mereka (Saat hendak minum susu).
  3. Lupakan botol dan dot, langsung gunakan cangkir. Dalam proses ini anak biasanya akan bekerja keras, karena sedang melakukan proses penyesuaian minum yang biasa langsung dari payudara ke gelas. Ketimbang memberi anak dot botol, cara ini akan membuat mereka lupa menyusu payudara atau puting dot.
  4. Gunakan dot dengan puting yang dimodifikasi. Nyaman adalah harapan yang bisa dimanfaatkan dalam hal ini. Dimana mulut dan bentuk dot yang telah dirubah bentuknya (Tak lagi meniru puting), akan membuat anak cepat merasa aman. Saat telah mencapai ini, dengan sendiri anak biasanya malas minum susu di payudara ibu mereka.
  5. Jangan stress ibu, selalu ada solusinya. Kegiatan mensapih anak kadang dilalui dengan bumbu stress oleh ibu. Anak yang tak mau minum sendiri dan menolak bujukan Anda untuk minum dengan gelas adalah beberapa permasalahan yang sering muncul. Saat berada di posisi sulit ini, sebaiknya Anda para ibu tak perlu panik. Karena semakin lama proses, semakin terbiasa Anda, dan hal ini akan membuat Anda lebih mudah menguasai situasi.
  6. Permainan Mood Anak. Berkomunikasi adalah kunci sukses dalam segala hal. Dalam hal ini keberhasilan ibu mensapih anak mereka kadang berawal dari sini. Dalam hal ini, usahakan jangan menekan anak, atau memaksa mereka minum di gelas saat sedang marah. Saat suasana hati mulai tenang, komunikasi baru bisa dilakukan. Dan jika mood anak berjalan dengan baik, maka proses ini biasanya akan berlangsung sangat cepat, dari apa yang kita bayangkan.
  7. Tunggu mereka lapar. Biasanya anak akan mudah berkompromi saat mereka terdesak. Dalam hal ini, saat mereka lapar, biasanya alternatif lain lebih mudah diterima. Seperti saat anak memiliki kebiasaan menyusu, dalam kondisi lapar, ia akan mudah menghilangkannya dengan cara lain, seperti minum di botol atau gelas.

About Tororo

Tororo.com adalah salah satu situs online e-commerce perlengkapan bayi terbesar di Indonesia. Kami menawarkan produk-produk pokok kebutuhan bayi seperti susu bubuk, popok, dan berbagai kategori lainnya seperti alat makan dan botol, keperluan mandi dan kulit, pakaian dan sepatu, alat perkakas dan kereta bayi, serta keperluan buat ibu. Misi kami di Tororo tidak hanya penjualan; kami ingin meningkatkan kualitas dan standar hidup untuk keluarga di seluruh Indonesia dengan memberikan mereka akses ke berbagai macam produk dengan harga yang sama seperti membeli produk tersebut di kota-kota seperti Jakarta atau Surabaya. Kami percaya bahwa toko online seperti kami akan membuat perubahan besar dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Kami memberikan anda kemudahan untuk membeli segala produk yang berkaitan dengan kebutuhan si kecil hanya dengan mengakses ke situs Tororo. Dapatkan kebutuhan si kecil dengan harga termurah dengan penawaran dan berbagai diskon yang pastinya menarik untuk anda. Informasi mengenai segala produk yang anda inginkan juga bisa anda dapatkan dengan mudah di situs Tororo untuk kenyamanan anda berbelanja. Produk pesanan akan kami antar ke rumah anda dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Dengan pembayaran melalui transfer antarbank, bayar di tempat (Debit dan Credit on Delivery), klikpay BCA, dan kartu kredit, kami menawarkan metode pembayaran yang mudah dan aman demi kenyamanan anda berbelanja.

2 responses to “7 Tips Sukses Menyapih Anak

  1. Kasihan kalau anak cepat disapih, beri kesempatan 2 tahun untuk mendapat kasih sayang ibunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: