Tips Atasi Anak yang Suka Pilih-pilih Makanan

science-picky-eaters-vi

Kebutuhan nutrisi yang harus terpenuhi setiap hari, membuat para orangtua sering kebingungan dalam hal makanan bayi atau atau si buah hati. Terlebih jika mereka suka pilih-pilih makanan tertentu, dengan asupan gizi yang kurang seimbang. Jika ini menjadi masalah Anda, berikut tips yang mungkin akan berguna.

Si penyuka Satu jenis makanan

Seperti kita orang dewasa, tak jarang anak suka dengan satu makanan tertentu. Dan bagi anak, hal ini sering menjadi alasan bagi mereka untuk ngambek jika keinginan ini tidak segera terpenuhi, atau tergantikan dengan jenis makanan yang lain. Melempar ke lantai, tak mau membuka mulut dan menangis atau marah, bisa jadi reaksi yang muncul. Sebagai orangtua, apa yang sebaiknya kita lakukan?

Inti dalam menyelesaikan hal ini adalah jangan berusaha melawan atau memaksa anak untuk menyukai makanan yang Anda tawarkan. Karena hal ini sering berakhir pada kesia-siaan. Solusinya, ambil celah saat anak sedang memiliki mood baik. Tawarkan makanan (Bergizi dan bernutrisi seimbang) dengan rasa yang hampir sama dengan makanan yang disukai anak. Perlahan tapi pasti, anak akan terbiasa dan mulai terbuka dengan jenis makanan baru.

Si pembenci sayuran

Sudah bukan jadi rahasia, sayur adalah makanan yang bagus dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak. Tapi apa daya, jika si buah hati membenci (Sebagian besar menganggap makanan ini rasanya tidak enak) jenis makanan ini. Sebagai orangtua, apa yang bisa kita lakukan?

Memberi si buah hati pilihan adalah langkah awal yang disarankan. Caranya, saat berbelanja, jangan ragu mengajak anak pergi ke supermarket atau pasar, dengan tujuan memperkenalkan fisik sayuran ke mereka. Jangan ragu mengambil sayuran yang dipilih anak (Dengan mengacu fungsi dan kebutuhan gizi yang dapat terpenuhi dari makanan tersebut). Setelah itu, masak dengan cara yang menyenangkan, seperti menambah pasta dan sebagainya, agar rasa makanan lebih sedap dan anak tak sadar sedang mengkonsumsi sayuran yang awalnya sangat tidak disukai.

Terlalu banyak minum

Susu sering menjadi kebutuhan adiktif anak. Sayangnya, kebutuhan akan makanan padat yang juga harus terpenuhi karena alasan nutrisi, membuat sedikit terhambat. Karena kebanyakan minum sering membuat anak tidak pernah merasa lapar. Sebagai orangtua, apa yang sebaiknya kita lakukan?

Langkah pertama adalah batasi kebutuhan konsumsi cairan anak, entah itu susu atau jus. Setidaknya, hal ini bisa Anda penuhi dengan takaran 4 sampai 6 ons setiap harinya, atau ½ sampai ¾ cangkir. Selebihnya anak akan terbiasa dengan rasa lapar, dan disinilah, Anda bisa mengatasinya dengan makanan padat, seperti sayuran dan makanan bergizi dan nutrisi lainnya.

Si Penyuka permen

Seperti orang dewasa, gula dan kalori sering berdampak buruk pada kesehatan. Pada anak, hal ini sering berdampak langsung pada penurunan kualitas tumbuh kembang gigi. Masalah lain, hal ini sering menjadi pemicu munculnya masalah obesitas dan masalah metabolik sindrom yang lain. Masalahnya, bagaimana jika pada dasarnya mereka adalah penyuka permen dan sereal manis, sebagai orangtua apa yang sebaiknya kita lakukan?

Langkah pertama, moderasi, atau ganti makanan bergula tak sehat menjadi yang sehat. Seperti mengganti permen dengan yogurt rendah lemak , buah , pisang beku atau anggur, irisan apel dengan selai kacang dan sebagainya. Meski manis, jenis makanan ini lebih aman bagi kesehatan.

Langkah kedua, batasi konsumsi permen dan makanan manis tak sehat. Caranya jangan terlalu banyak menyimpan jenis makanan ini di rumah. Karena hal ini hanya akan membuat anak terbiasa dengan makanan manis “kurang sehat” favoritnya.

Langkah terakhir, jangan gunakan permen untuk hadiah dan “suap”. Orangtua kadang sering lalai untuk mengambil hati anak. Maksud hati memberi pelajaran, tapi caranya dengan diiming-iming permen. Cara ini hanya membuat anak makin senang dengan jenis makanan ini.

About Tororo

Tororo.com adalah salah satu situs online e-commerce perlengkapan bayi terbesar di Indonesia. Kami menawarkan produk-produk pokok kebutuhan bayi seperti susu bubuk, popok, dan berbagai kategori lainnya seperti alat makan dan botol, keperluan mandi dan kulit, pakaian dan sepatu, alat perkakas dan kereta bayi, serta keperluan buat ibu. Misi kami di Tororo tidak hanya penjualan; kami ingin meningkatkan kualitas dan standar hidup untuk keluarga di seluruh Indonesia dengan memberikan mereka akses ke berbagai macam produk dengan harga yang sama seperti membeli produk tersebut di kota-kota seperti Jakarta atau Surabaya. Kami percaya bahwa toko online seperti kami akan membuat perubahan besar dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Kami memberikan anda kemudahan untuk membeli segala produk yang berkaitan dengan kebutuhan si kecil hanya dengan mengakses ke situs Tororo. Dapatkan kebutuhan si kecil dengan harga termurah dengan penawaran dan berbagai diskon yang pastinya menarik untuk anda. Informasi mengenai segala produk yang anda inginkan juga bisa anda dapatkan dengan mudah di situs Tororo untuk kenyamanan anda berbelanja. Produk pesanan akan kami antar ke rumah anda dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Dengan pembayaran melalui transfer antarbank, bayar di tempat (Debit dan Credit on Delivery), klikpay BCA, dan kartu kredit, kami menawarkan metode pembayaran yang mudah dan aman demi kenyamanan anda berbelanja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: