Ternyata Feses Si Kecil Punya Arti!

baby-on-toilet

Minimnya komunikasi bayi sering menjadi kendala tersendiri bagi orangtua dalam mendeteksi Healty & Safety si buah hati. Hal ini yang pada akhirnya menuntut kejelian para orangtua dalam mendeteksi setiap permasalahan kesehatan pada bayi mereka. Jika Anda orangtua yang mengalami masalah ini, mendeteksi kotoran atau feses bayi, bisa jadi solusi efektifnya.

Seperti dikutip dari WebMD, banyak cara untuk mendeteksi kualitas kesehatan bayi kita, salah satunya memperhatikan kebiasaannya buang air. Karena warna, jenis kotoran dan frekuensi bisa dijadikan tolak ukur se-sehat apakah bayi Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa mendeteksi setiap perubahan kesehatan bayi dengan melihat dari popok yang dikenakan. Karena setiap perubahan sekecil apapun, bisa jadi pertanda ada permasalahan pada pencernaan mereka, serta masalah pada jenis nutrisi yang dikonsumsi

Menurut Kenneth Wible, MD, profesor pediatri di University of Missouri kualitas kotoran yang baik pada dasarnya tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi. Dan juga bagaimana reaksi sistem pencernaan bayi saat bereaksi dengan jenis makanan tertentu. Salah satunya memonitor frekuensi anak buang air.

Dalam beberapa kasus, orangtua sering dibuat khawatir saat kotoran bayi mereka sering berbentuk cairan. Dan sampai usia 6 bulan, pada dasarnya hal ini sangat wajar karena konsumsi bayi umumnya hanya berbentuk cairan (Asi atau susu formula).

Justru masalah akan muncul saat kotoran anak berbentuk padat kecil-kecil seperti kerikil dan jarang. Karena hal ini bisa jadi pertanda anak mengalami dehidrasi, atau kekurangan cairan. Dan saat mengeluarkan, seperti kita, tak jarang bayi sering merasa kesulitan karena sembelit. Memberi kebutuhan nutrisi cair yang sehat dan diperlukan bayi adalah solusi dalam hal ini. Dan buang air sebanyak 6-8 kali sehari adalah hal yang wajar terjadi pada bayi.

Sementara, bagaimana jika frekuensi buang air lebih sering, apakah ini pertanda diare? Terlalu sering buang air, adalah tanda awal dari diare. Jika lebih dari 10 kali buang air setiap harinya, saran dan konsultasi dokter adalah solusi yang tepat.

Menurut Steinmetz, selain frekuensi buang air, kualitas kesehatan bayi juga dapat dideteksi dari warna kotoran mereka. Karena perubahan warna sering diakibatkan karena perubahan reaksi pada sistem pencernaan anak, dalam hal ini bagian empedu.

Seperti warna kuning, hal ini bisa jadi bermakna proses pencernaan yang terlalu cepat. Dalam hal ini susu (Sebagai nutrisi kebutuhan utama bayi) bergerak terlalu cepat dari proses masuk (Minum) sampai proses pengeluaran (Buang air).

Sementara kebalikan dari warna ini, adalah warna hijau. Feses berwarna ini biasanya menjadi pertanda makanan lambat diproses di sistem pencernaan. Hal ini menjadi pertanda baik, karena nutrisi setiap makanan berhasil diserap oleh tubuh (bayi). Namun ada kalanya kotoran berjalan pada sistem pencernaan dengan proses yang lebih lama. Jika hal ini terjadi, warna kotoran akan berubah menjadi cokelat. Dan jika hal ini terjadi, Anda sebagai orangtua sebaiknya tak perlu panik, karena wajar adanya.

Lalu Warna apa saja yang harus diwaspadai? Pada dasarnya, ada beberapa warna kotoran yang membuat para orangtua harus membawa bayi mereka segera ke dokter. Warna-warna tersebut antara lain putih, merah , dan hitam.

Saat kotoran berwarna putih, hal ini umumnya mengindikasikan ada infeksi atau masalah pada empedu. Karena pada dasarnya, struktur cairan inilah yang dihasilkan oleh hati dalam membantu pencernaan.

Sementara warna hitam biasanya muncul dari darah. Dimana bagian ini ikut tercerna pada bagian saluran gastrointestinal. Sementara warna merah sering muncul dari  darah segar yang bisa datang dari usus besar atau rektum.

Sementara itu, warna hijau berlendir juga tak jarang sering muncul dan menjadi pertanda masalah. Dimana kondisi ini pada kotoran sering datang dari virus yang ada di dalam sistem pencernaan bayi.  Saat muncul kotoran berwarna ini, umumnya anak akan mengalami diare, demam dan sebagainya.

 

About Tororo

Tororo.com adalah salah satu situs online e-commerce perlengkapan bayi terbesar di Indonesia. Kami menawarkan produk-produk pokok kebutuhan bayi seperti susu bubuk, popok, dan berbagai kategori lainnya seperti alat makan dan botol, keperluan mandi dan kulit, pakaian dan sepatu, alat perkakas dan kereta bayi, serta keperluan buat ibu. Misi kami di Tororo tidak hanya penjualan; kami ingin meningkatkan kualitas dan standar hidup untuk keluarga di seluruh Indonesia dengan memberikan mereka akses ke berbagai macam produk dengan harga yang sama seperti membeli produk tersebut di kota-kota seperti Jakarta atau Surabaya. Kami percaya bahwa toko online seperti kami akan membuat perubahan besar dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Kami memberikan anda kemudahan untuk membeli segala produk yang berkaitan dengan kebutuhan si kecil hanya dengan mengakses ke situs Tororo. Dapatkan kebutuhan si kecil dengan harga termurah dengan penawaran dan berbagai diskon yang pastinya menarik untuk anda. Informasi mengenai segala produk yang anda inginkan juga bisa anda dapatkan dengan mudah di situs Tororo untuk kenyamanan anda berbelanja. Produk pesanan akan kami antar ke rumah anda dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Dengan pembayaran melalui transfer antarbank, bayar di tempat (Debit dan Credit on Delivery), klikpay BCA, dan kartu kredit, kami menawarkan metode pembayaran yang mudah dan aman demi kenyamanan anda berbelanja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: