Tak Hanya Orang Tua, Bayi Juga Dapat Mengalami Katarak

Katarak pada Bayi

Katarak, penyakit pada mata ini sering muncul dan identik karena masalah penuaan. Meski demikian, dalam beberapa kasus menyebut, kejadian katarak juga kerap dialami bayi. Untuk itu, demi menjaga bayi tetap Healthy & Safety ada baiknya ibu mempersiapkan beberapa hal, mulai dari yang terkecil sejak bayi dalam kandungan.

Secara harfiah, katarak pada orang dewasa terjadi karena kemunduran kualitas mata. Hal ini awalnya disebabkan karena hidrasi kebanjiran cairan pada lensa dan denaturasi protein lensa. Dalam beberapa kasus, kedua hal ini sering terjadi secara bersamaan dan mempercepat munculnya masalah katarak.

Dan faktor munculnya katarak tersebut biasanya akan muncul seiring kebiasaan buruk yang dilakukan secara berulang-ulang. Seperti terpapar sinar UV, radiasi, masalah penyakit seperti diabeter, hipertensi, karena trauma, faktor genetik, merokok dan juga faktor konsumsi obat tertentu. Dan hal ini sering muncul dengan ditandai awan putih dibagian korne mata.

Meski kerap ditemukan dan menjadi masalah yang ditemukan orang dewasa, rupanya masalah katarak tak selalu muncul karena kebiasaan. Hal ini terlihat dari munculnya gejala katarak yang ada pada kornea bayi yang baru dilahirkan.

Dalam sebuah penelitian, munculnya permasalahan ini rupanya berawal dari kebiasaan buruk ibu saat hamil. Karena dalam 3 bulan pertama masa kehamilan, paparan toxoplasma dan Rubelia rupanya dapat meningkatkan risiko anak mengalami katarak di usia beberapa bulan pertamanya. Seperti orang dewasa, hal ini sering muncul dengan tanda-tanda awan putih di area kornea mata anak.

Dalam sebuah penelitian, infeksi toxoplasma pada ibu hamil terjadi karena zat berbahaya ini membuat sistem produksi cairan protozoa meningkat. Dan saat terkena mata, maka risiko katarak pun pada akhirnya akan diderita oleh si jabang bayi.

Parasit toxoplasma sering ditemukan pada mamalia, salah satunya manusia. Dan secara spesifik, jenis bakteri merugikan ini sering didapati dari kucing. Infeksi toksoplasmosis sering terjadi pada manusia, dan hal ini sering berdampak buruk dengan ditandai munculnya berbagai keluhan medis. Salah satunya meningkatkan risiko katarak pada bayi yang baru saja dilahirkan.

Sementara untuk infeksi rubelia, sering terjadi pada saat usia kehamilan terjadi di 3 bulan pertama. Dan tak bisa disepelehkan, masalah yang berawal dari virus ini bisa berdampak buruk lagi bagi bayi. Tak sekedar katarak, hal ini juga dapat meningkatkan risiko kebutaan, tuli, dan masalah jantung pada calon bayi.

Seperti orang dewasa, tanpa penanganan lebih lanjut, katarak akan menyebar di seluruh mata. Dan hal ini biasanya berkembang antara 3-5 tahun. Dan biasanya hal ini bisa berdampak pada munculnya beberapa gejala, seperti Mata berair dan gatal.

Saat berkembangnya balita, biasanya gejala lebih komplek akan terjadi. Seperti gejala minimnya penglihatan. Hal ini sering ditandai penglihatan double saat mata ditutup satu. Perawatan dan konsultasi dengan dokter adalah langkah bijak dalam hal ini. Dan seperti orangtua, tanpa penanganan lebih lanjut, “Selaput Awan” pada mata akan berkembang lebih besar dan berisiko akan menutup mata secara keseluruhan.

Saran dan solusi senantiasa akan menjadi pencegahan masalah ini terjadi lebih jauh. Karena dalam kondisi tertentu, terlebih jika terjadi pada bayi, tidak bisa dilakukan secara normal. Seperti penanganan operasi katarak yang seharusnya dengan “instan” dapat mengangkat katarak dari mata.

About Tororo

Tororo.com adalah salah satu situs online e-commerce perlengkapan bayi terbesar di Indonesia. Kami menawarkan produk-produk pokok kebutuhan bayi seperti susu bubuk, popok, dan berbagai kategori lainnya seperti alat makan dan botol, keperluan mandi dan kulit, pakaian dan sepatu, alat perkakas dan kereta bayi, serta keperluan buat ibu. Misi kami di Tororo tidak hanya penjualan; kami ingin meningkatkan kualitas dan standar hidup untuk keluarga di seluruh Indonesia dengan memberikan mereka akses ke berbagai macam produk dengan harga yang sama seperti membeli produk tersebut di kota-kota seperti Jakarta atau Surabaya. Kami percaya bahwa toko online seperti kami akan membuat perubahan besar dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Kami memberikan anda kemudahan untuk membeli segala produk yang berkaitan dengan kebutuhan si kecil hanya dengan mengakses ke situs Tororo. Dapatkan kebutuhan si kecil dengan harga termurah dengan penawaran dan berbagai diskon yang pastinya menarik untuk anda. Informasi mengenai segala produk yang anda inginkan juga bisa anda dapatkan dengan mudah di situs Tororo untuk kenyamanan anda berbelanja. Produk pesanan akan kami antar ke rumah anda dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Dengan pembayaran melalui transfer antarbank, bayar di tempat (Debit dan Credit on Delivery), klikpay BCA, dan kartu kredit, kami menawarkan metode pembayaran yang mudah dan aman demi kenyamanan anda berbelanja.

One response to “Tak Hanya Orang Tua, Bayi Juga Dapat Mengalami Katarak

  1. ika irawati

    Anak sya jg ktrak dr byi….tp smua thap operasi sdah dilakukan…sya mau tanya wlo sdah operasi apa msh bsa mngalmi tuli……tlong sharenya…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: