Apakah Mozart Berpengaruh Pada Otak Si Buah Hati ?

Mozart untuk Buah Hati

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, beberapa jenis musik klasik, seperti karya Mozart dipercaya dapat meningkatkan volume otak si buah hati sejak dalam kandungan. Dalam penelitian, apakah hal itu memang berpengaruh ketimbang asupan makanan bayi yang diterima? Dan se-signifikan apa hal tersebut bisa berdampak positif bagi otak si jabang bayi ?

Kebanyakan orangtua di dunia sudah terlanjur percaya bahwa musik klasik dapat meningkatkan kecerdasan cara berpikir anak. Hal ini yang kemudian membuat banyak perusahaan musik memproduksi karya musik klasik yang ditujukan untuk kesehatan otak bayi. Penggunaannya pun beragam, mulai dari didengarkan melalui headset di perut saat bayi dalam kandungan, sampai langsung ditelinga saat mereka sudah lahir.

Seperti dikutip dari Dailymail, dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama dua tahun, hal ini ternyata memiliki hubungan yang sangat erat. Karena menurut penelitian yang dikutip dari jurnal Nature ini mengungkap, kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan otak dengan musik klasik adalah gagasan yang masuk akal.

Ide mendengar musik klasik (Mozart), terungkap pertama kali dari peternakan Mozzarella di Italia. Dalam buku Brain Mith oleh psikolog Sergio Della Sala mengungkap, petani setempat kerap mendengarkan musik klasik untuk sapi-sapi mereka. Dan hal ini secara signifikan berpengaruh pada produksi susu yang 3 kali lebih baik dari sapi yang tidak mendengarkan jenis musik ini.

Terlepas dari fakta efek musik klasik pada sapi, dalam hal peningkatan kecerdasan manusia hal ini menurut Sergio juga berpengaruh signigikan. Dimana saat otak manusia pertama kali diajak beraktivitas, kecerdasan musik Mozart akan sedikit banyak memberi efek positif yang signifikan. Hal ini yang kemudian memunculkan paradigma musik klasik baik untuk kesehatan pikiran manusia, dimulai dari bayi masih dalam kandungan.

Pada tahun 1998, Zell Miller , Gubernur negara bagian Georgia di Amerika Serikat bahkan sempat menganggarkan sebagian dana untuk membeli karya Mozart dengan tujuan setiap bayi yang lahir di kota tersebut dapat mendengarkannya. Tren ini kemudian lambat laun menjadi tren global yang terjadi di hampir setiap kota di dunia.

Seorang peneliti dari University of California, bernama Irvine, mengatakan, ‘Efek Mozart’ secara signifikan berpengaruh pada kecerdasan seseorang. Hal ini didasarkan atas percobaan sederhana yang melibatkan sekitar 36 siswa. Dalam tesnya, para siswa diberi materi tes dengan 10 menit tanpa bunyi-bunyian, 10 menit musik instrumental relaksasi dan 10 menit karya Mozart, Sonata D mayor.

Dan hasilnya sudah dapat diprediksi, karya Mozart mampu membuat para siswa mengerjakan tugas mereka dengan baik. Tapi sayangnya, dalam penelitian ini juga terungkap, efek yang diketahui dapat meningkatkan intelejensi melalui bentuk pikiran alam bawah sadar ini hanya memiliki efek selama sekitar lima belas menit. “Jadi itu tidak akan membuat Anda memiliki tingkat kecerdasan sampai seumur hidup,” jelasnya.

Dari sekitar 16 penelitian yang dilakukan dengan membahas masalah ini mengungkap, bahwa mendengarkan musik tidak mengarah pada perbaikan sementara pada kemampuan untuk memanipulasi bentuk mental. Tetapi hal tersebut sering bermanfaat dalam kurun waktu singkat dan tidak membuat kita lebih cerdas.

Meskipun kita cenderung mengasosiasikan efek Mozart dengan bayi dan anak-anak kecil, sebagian besar penelitian ini dilakukan pada orang dewasa. Yang dalam hal ini memiliki tentu saja memiliki tingkat perkembangan otak yang sangat berbeda.

Tetapi pada tahun 2006 sebuah studi besar yang dilakukan di Inggris pernah coba membandingkan antara efek karya Mozart dan Blur yang didengarkan selama 10 menit. Dan yang paling mengejutkan, beberapa lagu Blur justru berefek positif ketimbang Mozart.

Dalam penelitian ini kemudian ditarik kesimpulan, bahwa musik yang didengarkan dan disukai akan memberi dampak cukup positif. Karena hal ini akan berpengaruh pada kegiatan otak yang lebih aktif (ketimbang beraktivitas tanpa musik).

Dalam penelitian ini juga menjelaskan, bahwa efek musik easy listening yang didengarkan anak, meski di dalam kandungan, akan melatih secara tidak langsung otak mereka. Jadi jika ingin mempersiapkan anak dengan kecerdasan lebih baik, tak ada salahnya jika hal ini Anda lakukan.

About Tororo

Tororo.com adalah salah satu situs online e-commerce perlengkapan bayi terbesar di Indonesia. Kami menawarkan produk-produk pokok kebutuhan bayi seperti susu bubuk, popok, dan berbagai kategori lainnya seperti alat makan dan botol, keperluan mandi dan kulit, pakaian dan sepatu, alat perkakas dan kereta bayi, serta keperluan buat ibu. Misi kami di Tororo tidak hanya penjualan; kami ingin meningkatkan kualitas dan standar hidup untuk keluarga di seluruh Indonesia dengan memberikan mereka akses ke berbagai macam produk dengan harga yang sama seperti membeli produk tersebut di kota-kota seperti Jakarta atau Surabaya. Kami percaya bahwa toko online seperti kami akan membuat perubahan besar dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Kami memberikan anda kemudahan untuk membeli segala produk yang berkaitan dengan kebutuhan si kecil hanya dengan mengakses ke situs Tororo. Dapatkan kebutuhan si kecil dengan harga termurah dengan penawaran dan berbagai diskon yang pastinya menarik untuk anda. Informasi mengenai segala produk yang anda inginkan juga bisa anda dapatkan dengan mudah di situs Tororo untuk kenyamanan anda berbelanja. Produk pesanan akan kami antar ke rumah anda dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Dengan pembayaran melalui transfer antarbank, bayar di tempat (Debit dan Credit on Delivery), klikpay BCA, dan kartu kredit, kami menawarkan metode pembayaran yang mudah dan aman demi kenyamanan anda berbelanja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: